Jumat, 04 Oktober 2013

Web Joomla

Mengenal Bagian Dasar Web Joomla

Mengenal Bagian-bagian web joomla
Sebelum dapat membuat sebuah web dengan baik, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengenal bagian-bagian (dasar) dari sebuah web berbasis joomla.
User interface Side Tampilan Antarmuka Sisi Joomla
Halaman Depan (Front End)
Bagian ini adalah sebuah sisi atau bagian halaman depan sebuah situs tempat pengunjung mengakses website kita.


bagian web joomla
bagian web joomla

Halaman Administrator (Back End)
Bagian ini adalah sebuah bagian dimana proses segala hal yang berhubungan dengan website kita proses disini. Mengisi artikel (konten) menginstal (dan uninstall) aplikasi (extentions) tambahan joomla, menghapus data, menghapus user dan lain-lain semua dilakukan di sisi ini. Hanya seorang dengan status (akses level) Super Administrator saja yang bisa masuk ke halaman ini.
joomla-2
Halaman login
Halaman ini adalah halaman untuk menuju halaman administrator. Hanya seseorang degnan status super administrator saja yang bisa melewati tahapan ini untuk menuju halaman administrator.
Content : Article, Section dan Category
Konten dasar dalam sebuah web Joomla adalah sebuah Article ( artikel) yang dapat berisi teks, gambar, link dan yang lainnya. Dan untuk mempermudah pengelolaan artikel tersebut Joomla mengelompokkan sebuah atau beberapa artikel ke dalam Category (kategori) serta mengelompokkan beberapa kategori kedalam sebuah Section
Secara sederhana dapat diterangkan sebagai berikut:
Sebuah Section terdiri atas beberapa satu atau beberapa Category dan sebuah Category terdiri dari satu atau beberapa Article
Dalam
Extentions Joomla
Extention(s) joomla terdiri dari : Component ( komponen) , Module ( modul), Plugin (plugin), Language ( bahasa) dan Template ( tema/tampilan)
Component : adalah sebuah aplikasi tambahan pada joomla yang brediri sebagai satu halaman tersendiri, missal komponen buku tamu, komponen catalog produk dan sebagainya. Komponen dapat diinstal dan diuninstall sesuai kebutuhan
Module : adalah sebuah aplikasi yang berdiri sebagai sebuah bagian dari tubuh (body) sebuah website. Misal module statistic pengunjung yang berada di bagian Left sidebar sebuah website, sebuah modul dapat diatur untuk dapat tampil di semua halaman atau hanya tampil di halaman tertentu saja pada sebuah website. Sebuah module bisa merupakan bagian dari satu paket Extension, bisa juga berdiri sendiri sebagai sebuah aplikasi, missal Pada Aplikasi catalog produk terdapat Component dan Module yang bisa diinstall secara bersamaan atau berurutan.
Plugin : plugin adalah sebuah aplikasi yang berjalan di system Joomla, missal plugin share it yang akan muncul di bagian bawah artikel jika kita mau melakukan share sebauh artikel ke situs jejaring social ( facebook, twitter dan lain-lain), sebuah plugin juga terkadang menjadi satu bagian dari paket extentions bersama dengan component dan module.
Template : adalah pilihan tampilan Joomla, secara default (standar ) ketika kita melakukan instalasi awal joomla terdapat tiga pilihan template yang dapat dipakai, diuninstall atau ditambah lagi pilihan template terebut.
Language adalah pilihan bahasa yang dapat dipakai dalam system web joomla, jadi bukan pada masalah translation (terjemahan) isi / konten website Contoh pada joomla terdapat pilihan read more pada artikel akan berubah menjadi baca selengkapnya jika kita menginstal dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa default
Di internet terdapat ribuan (mungkin puluhan ribu) jenis Extentions siap pakai dan kita download (baik secara gratis maupun berbayar) dari berbagai sumber, namun sumber extentions yang resmi terdapat pada www.extentions.joomla.org
Menu (s)
Dalam instalasi joomla standar terdapat beberapa macam menu yaitu : main menu, top menu user menu, example page, key concept dan resources. Mengingat ketika kita melakukan proses instalasi awal kita pilih INSTALL SAMPLE DATA maka data di menu pun juga berisi bawaan joomla
Main menu : Menu utama sebuah website berisi link ke halaman index dan link lain. Kedepannya
Top Menu : menu yang berada di bagian atas sebuah website
Example page : berisi contohmenu yang mengarah ke halaman artikel, mengarah ke section , mengarah ke category dan sebagainya.
Key Concept : berisi keterangan mengenai extention, content layout dan example pages
User Menu : berisi pilihan menuuntuk mereka yang terdaftar (registered) dalam website kita
Dari pilihan menu yang ada tersebut nantinya dapt kita atur menu mana saja yang akan kita aktifkan dalam sebuah website.

Demikian adalah beberapa bagian-bagian dasar dari web joomla, untuk menngenal bagian yang lebih dalam kita bisa mencoba menutak-atik sendiri sebuah web joomla (di localhost aja ya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar